Cuci Mesin Kangen Water dengan Mudah dan Praktis

Juni 13, 2017

Cuci Mesin Kangen Water - Mesin yang kaya manfaat ini harus terus diperhatikan dengan cara cuci Mesin Kangen Water secara berkala supaya kualitas dari air yang diproduksi tetap terjaga. Hal ini disebabkan karena mesin kangen water bekerja dengan proses yang dikenal dengan elektrolisis atau menggunakan aliran arus listrik. Dimana air yang masuk dalam mesin dapat mengeluarkan 2 macam aliran. Pertama air akan mengalir yang kaya akan ion hidrogen yang menghasilkan Acidic Water.
Sementara aliran satunya dapat menjadikan ion hidroksil  yang disebut dengan air alkali yang sifatnya dapat diminum. Tidak sedikit dari mereka yang mengetahui cara perawatan mesin kangen water sehingga menjadikan mesin cepat rusak dan kualitas air yang dihasilkan menjadi menurun. Untuk itu Anda dapat melakukan perawatan secara berkala dengan mengikuti cara-cara mudah berikut supaya kualitas mesin selalu prima. 

Cara Cuci Mesin Kangen Water dengan Mudah dan Praktis

Matikan Tombol Power Mesin


Langkah pertama dalam membersihkan mesin kangen water dengan mematikan tombol POWER pada mesin kangen water dan cabut kabel listriknya karena saat dilakukan proses pembersihan mesin tidak boleh terhubung dengan aliran listrik. 

Isi CPU-N dengan Satu Sachet Cleaning Powder


Setelah mesin dalam keadaan mati maka isi CPU-N menggunakan satu sachet cleaning powder atau yang disebut dengan bubuk pembersih. Bubuk ini merupakan citrit acit atau bubuk dengan asam sitrat yang sangat efektif didalam membersihkan noda. 

Lepaskan Filter Air dari dalam Mesin


Setelah CPU-N terisi maka melepaskan filter air yang terdapat dalam mesin pastikan kedua karet dengan lingkaran hitam yang melekat pada bagian bawah filter masih tetap ada. Tempatkan filter air ditempat yang aman agar tidak lupa terbuang.  

Gantikan Posisi Filter Air dengan CPU-N


Setelah filter air terlepas maka ganti dengan menggunakan CPU-N. Lalu cuci mesin Kangen Water hingga bersih dan pastikan di bawah CPU-N terdapat dua karet hitam yang masih melekat. 

Nyalakan Keran Air


Selanjutnya hidupkan keran air supaya air mengalir dalam mesin kangen water. Pastikan mesin tetap dalam posisi OFF. Alirkan kurang lebih selama 10 detik selanjutkan matikan keran air. 

Masukkan Ujung Pipa Atas dan Pipa Bawah Kedalam Gelas


Setelah kran air dalam posisi mati maka masukkan ujung pipa atas dan pipa bawah mesin kedalam gelas. Setelah itu nyalakan keran air dan isi gelas setengahnya. Matikan keran lalu diamkan kurang lebih 3 hingga 5 jam. 

Nyalakan Kembali Keran Air


Setelah mendiamkan selama 3 hingga 5 jam maka gelas tersebut disingkirkan lalu menyalakan keran air dengan membiarkannya mengalir selama 3 hingga 5 menit. Hal ini bertujuan untuk membuang sisa-sisa air yang berwarna putih dari hasil pembersihan. Deposit yang berwarna putih merupakan mineral yaitu magnesium dan kalsium jadi jika tanpa sengaja Anda menelan air ini tidaklah berbahaya. 

Selama proses elektrolisis mineral akan menumpuk dan melekat di pelat sirkuti elektroda oleh karena itu dengan cuci mesin Kangen Water maka mesin kembali bersih dan awet sehingga dapat bekerja maksimal. 

Lepaskan CPU-N


Setelah sisa-sisa deposit terbuang maka matikan kran air dan copot CPU-N lalu menggantinya menggunakan filter semula. Nyalakan kembali keran air kurang lebih 3 menit. Jika Anda masih menemukan sisa air berwarna putih maka Anda dapat menyiramnya kembali untuk memastikan mesin telah bersih total. 

Cara cuci mesin Kangen Water telah selesai, selanjutnya Anda dapat menekan tombol power yang terdapat pada mesin dan menghidupkan seperti sebelumnya dengan kondisi mesin yang lebih bersih. 

Artikel Terkait

0 komentar